Senin, 30 Januari 2012

Sup Ceker Ayam: Yummy dan Bermanfaat!

Bagi sebagian (besar) orang barangkali sup ceker ayam tedengar kurang menarik, bahkan banyak yang merasa jijik. Itu pula yang saya rasakan sebelumnya. Apalah arti ceker dibanding daging ayam, begitu kira-kira.. :)

Namun, jika kita mengetahui cara mengolah dan bahkan kandungan nutrisi di dalamnya, niscaya kita tidak akan memandang ceker ayam sebelah mata. Subhanallah, Allah telah menciptakan beragam manfaat ceker ayam untuk manusia. Ini dia list-nya!

Kandungan zat kolagen (chicken collagen extract) pada ceker ayam setara aktivitasnya dengan obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor. Kolagen ceker ini bisa menurunkan kadar renin dalam plasma sehingga tidak mengungkit tekanan darah menjadi lebih tinggi. Penderita hipertensi sangat dianjurkan mengonsumsi ceker ayam.
Kandungan zat kapur dan sejumlah mineral sehingga orang yang menderita rematik dianjurkan makan ceker ayam. Yang jelas, makan ceker ayam secara rutin mulai dianjurkan bagi penderita rematik.
Kandungan Hydroxyapatite yang merupakan salah satu makanan untuk tulang. Karena itu, mengkomsumsi ceker ayam selain dapat memelihara kekuatan tulang, mencegah osteoporosis dan juga menjaga elastisitas kulit.
Kandungan protein kolagen dalam ceker ayam juga sangat bagus buat pertumbuhan balita. Karena protein kolagen ayam memiliki antigen yang bersifat imunogenik yang mampu menghasilkan antibodi.


Nah, tunggu apa lagi? Menikmati lezatnya sup ceker ayam, hmmm.. dijamin mau mau lagi! Seperti jagoan saya, si sulung, sukaaa banget sup ceker ayam. Dan, pagi ini saya masak sup ceker ayam istimewa kegemarannya. Siapa mau icip-icip?? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar