Kamis, 02 Februari 2012

Jangan Berhenti!

Dalam hidup, tidak dipungkiri ada saat di mana kita begitu lelah dan ingin menyerah. Seakan tak ada jalan keluar, tak ada pilihan selain berhenti. Semua pintu solusi seperti telah tertutup, hanya ada satu cara untuk mengakhiri segala kelelahan, berhenti.

Namun kenyataannya, berhenti bukanlah jalan keluar terbaik. Layaknya seseorang yang hendak memecahkan batu besar, tentu tidak cukup dengan satu atau dua pukulan saja. Jika dia mengira usahanya gagal karena beberapa pukulan yang dilakukannya tidak membuat batu bergeming, sesungguhnya dia salah. Karena untuk memecahkan batu besar tersebut ternyata dibutuhkan 100 kali pukulan. Karenanya, jangan berhenti hingga pukulan ke 100. Niscaya batu besar itu pecah.

Seandainya kita tahu berapa 'pukulan' yang harus kita lakukan untuk memecahkan persoalan hidup kita seperti kita tahu berapa pukulan yang harus dilakukan untuk memecahkan batu tadi, tentu kita tidak akan berhenti hingga sempurna seluruh pukulan dilakukan. Sayang, kita justru sering tidak mengetahuinya. Sehingga seringkali pula kita berhenti sebelum upaya kita sempurna. Lebih tragis, kita bisa saja berhenti di titik di mana upaya kita nyaris berhasil.

Di sinilah pentingnya kesabaran dalam setiap upaya. Kesabaran akan mengantarkan seseorang pada manis buah upayanya manakala upaya tersebut berhasil. Jangan pernah menyerah atau berhenti. Sungguh Allah Maha Pemberi Rahmat. Yakinlah, Allah akan memudahkan jalan bagi mereka yang bersabar. Bahkan Dia akan memberi hasil lebih baik dari apa yang kita harapkan, insyaAllah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar